WhatsApp Mulai Uji Stiker Buatan AI

TEMPO.CO, JakartaWhatsApp mulai menguji fitur stiker baru yang dihasilkan AI. WABetaInfo, sebagaimana dikutip The Verge, 15 Agustus 2023, melaporkan bahwa beberapa penguji dalam program beta Android WhatsApp telah melihat stiker baru bertenaga AI, yang memungkinkan pengguna WhatsApp membuat stiker berdasarkan deskripsi teks.

Android Police menyebut tidak jelas model AI generatif mana yang dipilih WhatsApp untuk fitur ini, karena laporan WABetaInfo hanya mencatat bahwa stiker dibuat menggunakan “teknologi aman yang ditawarkan oleh Meta”.

Fitur ini sepertinya akan bekerja mirip dengan cara model DALL-E Midjoureny atau OpenAI menghasilkan gambar berdasarkan teks saja. Tampaknya Anda dapat menggunakan fitur WhatsApp ini untuk membuat gambar dasar dan personal yang dapat dibagikan sebagai stiker dengan teman atau grup WhatsApp.

Dengan model AI generatif apa pun, akan ada kekhawatiran tentang gambar dan stiker apa yang dapat dibuat dan dibagikan dengan mudah di WhatsApp, terutama karena WhatsApp sebelumnya harus membatasi penerusan pesan viral di masa lalu setelah penyebaran gambar yang menyesatkan selama pemilu, serangan massa dan pembunuhan di India, dan misinformasi terkait covid-19.

WhatsApp memiliki kemampuan untuk melaporkan stiker yang tidak pantas atau berbahaya, tetapi tidak jelas perlindungan tambahan apa yang ada di sisi model AI di sini.

Iklan

WABetaInfo mengatakan stiker yang dibuat menggunakan fitur bertenaga AI baru ini “mudah dikenali”, yang menunjukkan bahwa mungkin ada beberapa bentuk tanda air atau indikasi bahwa stiker ini dibuat menggunakan model AI generatif.

Microsoft menggunakan model DALL-E OpenAI untuk memungkinkan pengguna Bing Chat membuat gambar, tetapi perusahaan menempatkan label Bing yang jelas pada gambar. Instagram juga dilaporkan sedang mengerjakan label yang akan mengidentifikasi kapan model AI telah digunakan untuk membuat konten.

Baca Juga  5 Poin Anies Baswedan soal Golkar-PAN Dukung Prabowo Subianto

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *