Apakah Sengatan Ubur-ubur Bisa Menyebabkan Kematian? Berikut Penjelasannya

TEMPO.CO, Jakarta – Ubur-ubur, binatang laut yang unik namun juga misterius, telah menjadi sorotan perhatian dalam dunia ilmu pengetahuan dan publik. Ubur-ubur merupakan hewan laut yang termasuk filum Cnidaria atau Coelenterata.

Meskipun banyak jenis ubur-ubur tidak berbahaya bagi manusia, ada beberapa spesies yang memiliki potensi bahaya serius, termasuk potensi untuk menyebabkan kematian. Salah satunya ubur-ubur kotak, ini menjadi salah satu spesies ubur-ubur yang mematikan.

Melansir WebMD, ubur-ubur kotak memiliki tubuh yang terlihat seperti kotak dengan banyak tentakel yang ditutupi. Tentakel tersebut memiliki sengat yang mengandung racun. Ubur-ubur kotak hidup di perairan hangat di seluruh dunia, tetapi jenis yang paling berbahaya ditemukan di dekat pantai Australia utara dan wilayah Indo-Pasifik. Ubur-ubur kotak adalah spesies terbesar dan paling berbisa dan memiliki tentakel sepanjang 10 kaki. Tidak seperti ubur-ubur jenis lain, ubur-ubur kotak dapat berenang dan melihat. Mereka biasanya memakan udang dan ikan kecil.

Biasanya mereka menggunakan penyegatnya untuk melindungi diri dan membunuh mansa. Jika seseorang tak sengaja bersentuhan dengan tentakelnya, sengatannya bisa masuk ke dalam kulit dan menghasilkan racun yang selanjutnya masuk ke dalam aliran darah dan jantung manusia. Tidak semua racun cubozoa sama, tetapi secara umum, mereka dapat menghancurkan dan meracuni sel manusia.

Menurut Emergency Care Institute of New South Wales, jika kulit manusia terkena 10 persen atau lebih terkena racun dari ubur-ubur kotak sengatannya bisa mematikan, terutama pada anak-anak. Sengatannya bisa menghentikan pacu jantung hanya dalam beberapa menit.

Gejala Sengatan Ubur-ubur 

Gejala yang timbul dari sengatan ubur-ubur kotak bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan. Mengutip Healthline, pada umumnya orang yang tersengat mungkin akan merasakan gejala-gejala berikut ini:

  • Rasa sakit menyengat atau terbakar yang parah
  • Luka kulit merah yang terlihat seperti jejak ulat
  • Perilaku linglung akibat rasa sakit

    Iklan


  • Kehilangan kesadaran
  • Nyeri punggung, dada, atau perut
  • Tekanan darah tinggi
  • Peningkatan denyut jantung
  • Pada kasus yang paling parah, seseorang dapat mengalami henti jantung, yang dapat menyebabkan kematian.

Pilihan Editor: Cara Unik Ubur-ubur Menyengat Pakai Jarum Berkecepatan Tinggi



Quoted From Many Source

Baca Juga  BRI Peduli Bagikan Bantuan Sertifikat Halal Kepada 200 Pelaku UMKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *