7 Sayuran Rendah Kalori untuk Diet

TEMPO.CO, Jakarta – Memasangkan makanan padat kalori dengan makanan yang rendah kalori, terutama buah dan sayuran, bisa membuat makanan lebih mengenyangkan dan membantu mendorong penurunan berat badan yang sehat dan bisa meningkatkan aspek kesehatan lainnya. 

Dilansir dari Healthline, berikut sederet sayuran yang sangat rendah kalori.

1. Arugula

Arugula merupakan daun hijau gelap dengan rasa pedas. Arugula biasa digunakan dalam salad. Ini kaya akan vitamin K dan mengandung folat, kalsium, serta potasium. Arugula dalam satu cangkir ukuran 20 gram hanya mengandung lima kalori. 

2. Chard

Chard ialah sayuran berdaun hijau yang tersedia dalam beberapa varietas. Ia sangat tinggi vitamin K, nutrisi yang dibutuhkan untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang yang tepat. Chard dalam satu cangkir ukuran 36 gram hanya mempunyai 7 kalori dan mengandung 249 persen Nilai Harian atau Daily Value (DV) untuk vitamin K.

3. Mentimun

Mentimun adalah sayuran menyegarkan yang biasa ditemukan dalam salad. Mentimun juga digunakan untuk membumbui air bersama dengan buah-buahan dan rempah-rempah. Sayuran ini juga dapat menjadi bahan dasar rendah kalori untuk hidangan berprotein tinggi seperti salad ayam atau tuna. Karena sebagian besar merupakan air, kalori yang terkandung dalam setengah cangkir ukuran 52 gram hanyan 8 kalori.

4. Selada gunung es

Iklan

Selada gunung es terkenal dengan kandungan airnya yang tinggi. Itu biasa digunakan dalam salad, burger, atau sandwich. Kendati kebanyakan orang menganggap selada ini tidak bergizi seperti jenis selada lainnya, selada gunung es adalah sumber nutrisi yang baik, termasuk vitamin K, provitamin A, dan folat. Satu cangkir (57 gram) selada gunung es hanya memiliki 8 kalori.

5. Selada romaine

Baca Juga  Prihatin Kasus Prostitusi Berkedok Lowongan Pekerjaan Wanita Muda, Ini Kata Wali Kota Jakarta Utara

Selada romaine merupakan sayuran berdaun yang sangat populer digunakan dalam salad dan sandwich. Adapun kandungan kalori romaine cukup rendah karena sayuran tersebut tinggi air dan kaya serat. Secangkir (47 gram) parutan selada romaine hanya menyediakan 8 kalori.

6. Bayam

Bayam ialah daun hijau rendah kalori yang sarat dengan vitamin dan mineral. Bayam tinggi akan vitamin K, provitamin A, dan folat, serta mengandung senyawa bioaktif seperti karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang penting untuk kesehatan mata. Satu porsi bayam dalam satu cangkir ukuran 30 gram hanya mempunyai 7 kalori.

7. Selada air

Selada air adalah sayuran berdaun yang biasanya digunakan dalam salad dan sandwich. Meski selada ini tidak sepopuler sayuran hijau lainnya, selada air sama bergizinya. Secangkir (34 gram) selada air menyediakan 71 persen DV untuk vitamin K, 16 persen DV untuk vitamin C, dan 120 persen DV untuk vitamin A, yang semua itu hanya untuk empat kalori.

Pilihan Editor: 10 Makanan Rendah Kalori untuk Diet



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *