Para Paus Koleksi Kripto, Bitcoin Langsung Sentuh US$40.000


Jakarta, CNBC Indonesia – Pasar kripto didominasi menguat hari ini di tengah pasca para paus kripto mengoleksi kripto di harga rendah.

Merujuk dari CoinMarketCap pada Kamis (25/1/2024) pukul 9.14 WIB, pasar kripto mayoritas berada di zona hijau. Bitcoin naik 0,6% ke US$40.015,61 meskipun secara mingguan melemah 6,06%.

Ethereum berada di zona negatif 0,56% dalam 24 jam terakhir dan dalam sepekan mengalami ambruk 12,28%

Solana menguat 4,59% secara harian meskipun secara mingguan ambles 12,16%.

Begitu pula dengan Avalanche yang berada di zona hijau 3,16% dalam 24 jam terakhir kendati secara mingguan tergelincir 13,55%.

CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital naik 0,58% ke angka 1.683,46. Open interest terapresiasi 1,32% di angka US$35,57 miliar.

Sedangkan fear & greed index yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 50 yang menunjukkan bahwa pasar berada di fase netral dengan kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Menurut data yang dilacak oleh Cointelegraph, sembilan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF) termasuk iShares Bitcoin Trust dari BlackRock dan Wise Origin Bitcoin Fund dari Fidelity menarik 102.613 Bitcoin.

Hal ini memberikan sedikit angin segar mengingat outflow yang dilakukan oleh Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) begitu besar.

Lebih lanjut, manajer aset kripto Bitwise pada hari Rabu menjadi yang pertama dari sepuluh penerbit ETF yang membagikan alamat dompet digitalnya kepada publik.

Mengutip dari coindesk.com, perusahaan yang berbasis di San Francisco men-tweet tangkapan layar yang menunjukkan alamat bitcoin Bitwise Bitcoin ETF (BITB) beserta kepemilikannya (11,858 bitcoin) pada 23 Januari silam.

Baca Juga  AmharaGenocide viral video tiktok

Pasar kripto yang rebound pada hari ini juga terjadi akibat paus kripto yang merupakan entitas dengan kepemilikan token yang besar, tampaknya mengambil bitcoin (BTC) dengan harga lebih murah karena mata uang kripto terkemuka ini terus merosot setelah debut ETF spot AS baru-baru ini.

Hal ini membuat beberapa paus kripto berburu bitcoin dengan harga murah di bursa aset digital Bitfinex, salah satu dari 10 bursa teratas berdasarkan volume perdagangan. Paus Bitfinex terkenal karena membuat heboh di pasar.

Masuknya paus ini dapat meredam koreksi yang terjadi secara drastis belakangan ini dan membuat kripto setidaknya mengalami kenaikan dalam waktu dekat.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


ETF Dapat Lampu Hijau dari SEC, Pasar Kripto Pesta Pora

(rev/rev)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *