Mengaku Diganggu karena Dukung Anies, Ini Gurita Bisnis JK


Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla (JK) mengaku bisnis keluarganya diganggu usai mendukung pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin (AMIN) di Pilpres 2024.

JK mengungkap hal tersebut dalam acara Podcast Political Show CNN Indonesia yang disiarkan Selasa, (23/1). Ia malahan mengklaim tak sekadar diintimidasi dan diganggu.

“Lebih dari itu (intimidasi dan gangguan terhadap bisnis usai mendukung AMIN),” kata JK menjawab pertanyaan soal apakah mendapat intimidasi gangguan bisnis karena mendukung AMIN.

Lantas apa saja bisnis milik keluarga JK?

Grup Konglomerasi, Kalla Group, begitu lekat dengan mobil Jepang merek Toyota. Bahkan, mungkin bisa dibilang grup ini besar karena Toyota, meski bisnis awalnya adalah berdagang tekstil.

Solihin Jusuf Kalla, Presiden Direktur Kalla Group, secara terang-terangan mengatakan memang Toyota-lah yang memiliki andil besar terhadap perseroan.

“Kenapa sejak 1970 Pak JK [Jusuf Kalla] fokus pada konstruksi? Kita memperbaiki dan menambah ruas jalan di Sulawesi, supaya mobil Toyota gampang lewat. Jadi simpel alasannya,” kata dia di Makassar, Kamis (8/11/2018).

Lalu, lanjut dia, pada 1980 Kalla Group melebarkan bisnis menjadi penyalur aspal curah, “Juga karena supaya Toyota makin lancar,” kata Solihin.

Kemudian, 1990 perseroan masuk ke bisnis kapal laut. “Supaya lebih gampang membawa Toyota dari Jakarta,” ujar putra dari JK itu.

Adapun Kalla Toyota di bawah PT Hadji Kalla merupakan salah satu founder dealer Toyota di Indonesia yang berdiri sejak 1969. Kini, Kalla Toyota berhasil meraih 35% market share di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Solihin lalu memaparkan bahwa saat ini Kalla Group juga telah besar di bisnis lainnya. Berikut daftar bisnis Kalla Group:

Baca Juga  Lo Kheng Hong Umbar Kebiasaan yang Membuat Warga RI Miskin

1. Kalla Automotive: diler Toyota, Daihatsu, KIA, Jeep, Dodge, Alfa Romeo, Fiat, Chrysler, BMW Motorrad)

2. Kalla Transport & Logistics
Kalla Transport: penyewaan armada mobil untuk korporat)
Kalla Logistics: pergudangan
KKalla Lines: Transportasi kendaraan dan aspal curah

3. Kalla Development & Constructions
Kalla Aspal: Agen aspal curah Pertamina
Kalla Beton
Kalla Inti Karsa: Mall, perkantoran, perindustrian
Baruga Asrinusa Development: perumahan

4. Kalla Manufacture
Kalla Kakao
Kalla Electric

5. Kalla Energy
Malea hydropower
PLTA Poso Energy
Mamuju

6. Yayasan Hadji Kalla: Sekolah Athirah

Solihin mengatakan Kalla Group merupakan organisasi yang jangkauannya luas, dan kini diisi cukup banyak dari golongan milenial.

“Manajemen kami sangat lean tapi, jangkauannya luas. 40% lebih insan Kalla di bawah 30 tahun dengan semangat yang lebih tinggi dan ide yang lebih menarik, jadi kami didominasi millenial,” kata dia.

Adapun Solihin mengatakan di era kepemimpinannya, Kalla Group akan lebih fokus untuk melakukan ekspansi.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Erick Thohir Janji Bereskan Utang Rp 300 M Waskita ke JK

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *