Kurangi Risiko Gagal Bayar, Pinjol Wajib Ikut Asuransi

Jakarta, CNBC Indonesia – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mewajibkan perusahaan pinjaman online atau pinjol untuk bekerja sama dengan asuransi untuk menopang beban risiko.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Agusman mengatakan ini akan menjadi peluang untuk industri asuransi.

“Pada waktunya, saat inovasi asuransi semakin kuat sejalan dengan pengembangan industri fintech ini, ada room untuk bantu P2P lending ini,” ujar Agusman saat Konferensi Pers di Jakarta, Jumat, (10/11/2023).

Dia pun menekankan nantinya perusahaan asuransi yang memproteksi risiko gagal bayar harus berasal dari pihak eksternal perusahaan alias third party.

“Idealnya asuransi bukan dari luar, jadi harus dari luar supaya kalau ada masalah mereka bisa pass on risikonya ke pihak lain,” ungkap Agusman.

Mengacu pada road map tersebut, tertulis bahwa dalam menjaga pertumbuhan yang tinggi dan mengantisipasi berbagai risiko pembiayaan yang mungkin muncul, peningkatan kerja sama di bidang asuransi, dan penjaminan kredit menjadi langkah strategis untuk memperkuat ketahanan industri fintech lending atau Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI).

“Dengan menjalin sinergi dengan industri asuransi dan penjaminan, diharapkan dapat meningkatkan appetite lender yang menyalurkan pinjaman melalui penyelenggara LPBBTI khususnya pada pembiayaan sektor produktif dan UMKM,” sebagaimana tertulis pada road map berikut.

Dengan demikian, penyelenggara dapat merasa lebih aman dalam meningkatkan penyaluran kredit ke sektor-sektor yang dianggap memiliki risiko, seperti sektor produktif dan UMKM. Kegiatan ini pun ditargetkan berjalan mulai tahun ini.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Kasus Gagal Bayar Pinjol Menjamur, OJK Kasih Bocoran Aturan

Baca Juga  Ini Kronologi Deposito Rp13,5 M POLA Nyangkut di Bank Victoria Syariah

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *