Harga Divestasi Vale Rp 3.000-an/Saham, Murah atau Mahal?


Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur Avere Investama, Teguh Hidayat memprediksi harga 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) yang akan dialihkan ke Holding BUMN Tambang MIND ID akan berada di sekitar Rp 3.400-3.800/lembar saham.

Hal tersebut merespons pernyataan Menteri ESDM Arifin Tasrif yang menyebut bahwa nilai akuisisi saham yang disepakati antara kedua perusahaan akan berada di bawah harga saham Vale saat ini atau sekitar Rp 3.000/lembar saham.

“Jadi di bawah Rp 3.800 katanya tapi di atas Rp 3.000 berarti kan rentangnya cukup jauh ya kita ambil tengahnya lah 3.400 itu memang sangat-sangat murah bisa dibilang kalau pemerintah memang dapat harga segitu ya untungnya gede banget itu,” kata Teguh kepada CNBC Indonesia, Senin (19/2/2024).

Sementara itu pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Senin (19/2/2024), saham VALE naik 3,52% ke Rp 3.820. Saham diperdagangkan dengan nilai buku 0,96 kali. 

Teguh menabmahkan bahwa aksi korporasi yang dilakukan MIND ID ini bukan hanya akuisisi 14% saham Vale, tetapi juga akan menguasai saham mayoritas dan menjadi pengendali INCO.

“Makanya kemarin kan komisaris dan direktur utamanya sudah mundur INCO ini, sudah ada keterbukaan informasinya memang itu nanti akan diganti orangnya MIND ID. Jadi nanti dari pemerintah dia taruh direktur utamanya,” ujarnya.

Teguh mengatakan biasanya proses akuisisi seperti itu menggunakan perhitungan nilai intrinsik, di mana nilai yang dimiliki perusahaan pada saat ini ditambah dengan potensi akumulasi laba yang dapat dihasilkan perusahaan ke depannya.

“Kalau dihitung dari nilai perusahaannya saja itu kita pakai nilai buku itu sekitar 4.000 per saham itu belum menghitung potensi keuntungan perusahaan ke depannya loh baru nilai bukunya aja. Jadi sebenarnya kalau beli di harga 4.000 pun itu sudah murah karena kita dapatkan aset senilai 4.000 itu tapi tahun depan kita sudah dapat 400 perak atau 800 perak,” katanya.

Baca Juga  Waspada Pembobolan Kartu Kredit, AKKI Ingatkan Ini!

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif membeberkan keputusan akhir mengenai akuisisi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) oleh Holding BUMN Tambang MIND ID sudah menemui titik temu.

Ia memastikan kedua perusahaan telah sepakat mengenai harga saham yang dilepas sebesar 14%. Nilai akuisisi saham disepakati di bawah harga saham Vale saat ini atau sekitar Rp 3.000/lembar saham.

“Di bawah itu (harga saham Vale) intinya Rp 3.000-an lebih sedikit,” ujar Arifin di Kantor Ditjen Migas Jakarta, dikutip Senin (19/2/2024).

Arifin menyebut harga tersebut sudah mencakup diskon dari harga pasar. Ia pun mengungkapkan bahwa finalisasi divestasi saham Vale akan segera diumumkan dalam waktu beberapa hari ke depan.

“Kita berharap dalam beberapa hari ini (diteken). Kita tunggu kan beberapa hari ini mudah-mudahan hari Senin bisa rampung, tim nya lagi kerja. Sabar,” ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Selisih 0,1% Dari MIND ID, Vale Tetap Pengendali di INCO?

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *