Divestasi Vale Lagi Negosiasi Harga, ESDM Harap Segini

Purwakarta, CNBC Indonesia – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut rencana akuisisi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) oleh Holding BUMN Tambang MIND ID saat ini mengerucut dan kini kedua belah pihak tengah melakukan negosiasi harga.

Adapun saham Vale yang akan dialihkan ke MIND rencananya sebesar 14%.

Lantas, berapa nilai akuisisi 14% saham PT Vale Indonesia ini?

Arifin membeberkan bahwa saham Vale saat ini berada di level Rp 4.850 per lembar saham. Ia pun berharap agar perusahaan dapat memberikan harga yang lebih murah kepada MIND ID.

“Nah ini, negosiasi. Sekarang kan nilai saham Vale kan kemarin Rp 4.850 selembar nah tentu saja kita harapkan di bawah itu,” kata Arifin usai peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Kabupaten Purwakarta, Kamis (9/11/2023).

Di samping itu, Arifin belum dapat memastikan apakah porsi saham yang akan diambil alih oleh MIND ID tersebut akan bertambah atau tidak. Pasalnya, hal tersebut merupakan business to business (B2B) antara dua perusahaan.

“Ya jadi 14%, di luar dari itu B2B,” kata Arifin.

Sebagaimana diketahui, kepemilikan saham Vale di Indonesia melalui MIND ID saat ini baru sebesar 20%, dan sekitar 21,18% tersebar di pasar saham Indonesia. Artinya, jika penambahan saham hanya 14%, maka MIND ID akan memiliki 34% saham Vale.

Sementara, pemegang mayoritas saham Vale sendiri saat ini dipegang oleh Vale Canada Limited (VCL) dengan komposisi 43,79% saham, kemudian Sumitomo Metal Mining Co. Ltd (SMM) sebesar 15,03%.

Namun masih belum pasti, saham milik siapa yang akan dikurangi, apakah hanya milik VCL atau bersama saham milik Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM).

Baca Juga  Jelang Libur Masyarakat Banyak Pakai Pinjol, Ini Pesan OJK

Sebagai informasi, harga sama Vale Indonesia Tbk (INCO) per Kamis (09/11/2023) pukul 11.53 WIB terpantau di level Rp 4.770 per saham.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Alasan DPR “Ngotot” Minta Divestasi Vale Lebih Dari 11%

(wia)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *