BSI Gencarkan Inovasi Hijau, Ini Buktinya

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) menerapkan dan menciptakan inisiatif sistem yang secara berkelanjutan yang mampu memberikan dampak positif kepada lingkungan.

Beberapa hal menjadi komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau, misalnya transisi energi bersih. Pertimbangan lain adalah aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan lain-lain. 

Guna menjalankan amanah tersebut maka BRIS mengimplementasikan sustainable finance and banking. Ada tiga fokus dalam penerapannya, yaitu business refocusing, fixing the fundamentals, dan strengthen enablers. Pilar ini memperlihatkan bahwa keberlanjutan atau sustainability sudah menjadi bagian napas, jiwa, serta suatu kesatuan dalam operasional perusahaan BSI.

Prinsip menjaga keseimbangan di antara pertumbuhan ekonomi dengan kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial demi keberlanjutan umat manusia sejalan dengan tujuan syariah atau maqoshid syariah.

Tujuan syariah itu terdiri dari hifdz diin (menjaga agama), hifdz nafs (menjaga jiwa), hifdz aql (menjaga akal), hifdz nasb (menjaga keturunan) dan hifdz maal (menjaga harta). BSI berkomitmen mewujudkan perbankan syariah yang menjadi cerminan dari Islam yang rahmatan lil alamin.

Dengan kata lain, BSI menjadi rahmat bagi semesta alam melalui implementasi sustainable finance and banking yang mampu menciptakan sinergi antara pertumbuhan bisnis, kebaikan serta manfaat untuk umat dan nasabah, kesejahteraan lingkungan dan masyarakat secara luas, serta pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

“Bagi perbankan syariah, Sustainability dan Environmental-Social-Governance (ESG) menjadi suatu kesatuan dalam operasional perusahaan,” kata Direktur Utama BSI Hery Gunardi.

Penerapan governance, risk, and compliance (GRC) yang kuat merupakan kunci BSI dapat menjaga kinerja positif sepanjang tahun berjalan 2023. Di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan, BSI berhasil mencatatkan kinerja pertumbuhan laba semester I 2023. Bank ini berhasil mengungguli bank lain di sektor perbankan nasional, bahkan para bank konvensional.

Baca Juga  El Salvador Bisa Jadi Terkaya di Dunia Berkat Bitcoin

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Gokil! BSI Mau Bikin Super Apps, Ini Kecanggihannya

(Zefanya Aprilia/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *